TY - THES N1 - Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I. ID - digilib34931 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34931/ A1 - Sitta Rizka Kurnia Rahmani, NIM: 14420040 Y1 - 2019/02/25/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya variasi guru dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di MTs N 4 Sleman Yogyakarta. Seringnya frekuensi guru menggunakan media proyektor dalam kegiatan pembelajaran serta kurangnya menggunakan variasi media pembelajaran yang lain terutama dalam pembelajaran mufrad?t. Diantara beberapa media pembelajaran yang ada, media pembelajaran poster memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: murah, mudah, dan simpel. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran poster sebagai media yang belum pernah digunakan sebelumnya sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media pembelajaran terutama pembelajaran mufrad?t. Tujuan peneliti menggunakan media pembelajaran poster pada pembelajaran mufrad?t untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran poster terhadap pembelajaran mufrodat dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufrad?t antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran poster dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran poster. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah true eksperimental dengan model pretest, posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest.. Obyek yang digunakan adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,89 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,88. Sedangkan Uji ?t? nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufrad?t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa media pembelajaran poster dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar mufrad?t peserta didik kelas VIII MTs N 4 Sleman Yogyakarta TA. 2018/2019. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Poster, Pembelajaran Mufrad?t PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Media Pembelajaran KW - Poster KW - Pembelajaran Mufrad?t M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRAD?T SISWA KELAS DELAPAN MTS N 4 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019 AV - restricted EP - 164 ER -