TY - THES N1 - Drs. Adzfar Ammar, M.A. ID - digilib34933 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34933/ A1 - Siska Forensa, NIM: 14420041 Y1 - 2019/02/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik tunanetra di sekolah inklusi MAN 2 Sleman dan apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajarannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan khasanah baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab peserta didik tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data siswa kelas X dan kelas XI MAN 2 Sleman sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan kesimpulan dilakukan menggunakan deskriptifanalitik karena penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan filosofis fenomenologis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik tunanetra di sekolah inklusi MAN 2 Sleman berjalan layaknya pembelajaran di madrasah pada umumnya. Peserta didik tunanetra tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sama seperti peserta didik yang awas. Cukup baiknya pembelajaran yang terjadi karena faktor pendukung yaitu faktor internal dari peserta didik tunanetra itu sendiri seperti minat dan motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa Arab serta faktor eksternal seperti interaksi yang baik antara guru dan peserta didik, penyampaian materi yang sesuai dari tenaga pendidik, lingkungan madrasah yang nyaman dan inklusif, dan adanya pendampingan dari guru pendamping khusus untuk peserta didik tunanetra. Namun masih ada beberapa kendala yang membuat lancarnya proses pembelajaran menjadi terhambat dan belum berjalan secara optimal. Faktor penghambat tersebut yaitu keadaan peserta didik yang beragam, ketidakmampuan tenaga pendidik dalam menggunakan huruf braille, kurangnya pembinaan terhadap guru mengenai pemberian layanan yang baik pada kelas inklusi, kurangnya SDM tambahan, terbatasnya fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang belajar peserta didik tunanetra, dan minimnya biaya operasional untuk pemenuhan kebutuhan peserta didik tunanetra. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Peserta Didik Tunanetra, Inklusi PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pembelajaran KW - Bahasa Arab KW - Peserta Didik Tunanetra KW - Inklusi M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 AV - restricted EP - 209 ER -