@phdthesis{digilib34936, month = {February}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/ 2019)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 14420062 Zaidatur Rizkiyah}, year = {2019}, note = {Drs. H. Bapak Adzfar Ammar, M.A.}, keywords = {Pembelajaran Bahasa Arab, Permainan Edukatif, Mufrad{\=a}t.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34936/}, abstract = {Zaidatur Rizkiyah. ?Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Permaianan Edukatif Sebagai Peningkatan Penguasaan Mufrad{\=a}t Siswa Kelas VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Tahun Ajaran 2018/ 2019)?. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya bingo kata, pindah gambar dan berburu kata dan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufrad{\=a}t kelas kontrol dan kelas eksperimen siswa kelas VIII MTs N 5 Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan model pretest-posttest control group design. Obyek yang digunakan yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Adapun proses analisis data pada penelitian ini menggunakan uji ?t?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan mufrad{\=a}t kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest siswa kelas kontrol sebesar 53,00 dan kelas eksperimen sebesar 53,70. Rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 64,83 dan kelas eksperimen sebesar 75,70, terdapat perbedaan sebesar 10,87. Uji ?t? posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 ({\ensuremath{<}}0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga, permainan edukatif dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufrad{\=a}t bahasa Arab. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Permainan Edukatif, Mufrad{\=a}t.} }