eprintid: 34937 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/49/37 datestamp: 2019-05-07 02:29:27 lastmod: 2019-05-07 02:29:27 status_changed: 2019-05-07 02:29:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TAUFAN ANGGORO, NIM. 1620510018 title: STUDI HADIS DI INDONESIA: KAJIAN ATAS HERMENEUTIKA HADIS MUHAMMAD SYUHUDI ISMAIL ispublished: pub subjects: A divisions: aq_filis full_text_status: restricted keywords: Muh ammad Syuhudi Ismail, Hermeneutik, Hadis, Indonesia note: Prof. Dr. Suryadi, M.Ag, abstract: Salah seorang tokoh hadis Indonesia yang cukup berpengaruh adalah Muhammad Syuhudi Ismail. Muhammad Syuhudi dalam kancah studi hadis dikenal dalam upayanya mengkaji ulang hadis-hadis Nabi, yang justru kebanyakan ulama cenderung mengutamakan sikap reserve (menerima) ketika melakukan telaah ulang dan pengembangan pemikiran terhadap hadis Nabi. Selain itu, Syuhudi memberi atensi yang cukup besar bagi ijtihād (peran akal) ketika memahami hadis Nabi, disaat kebanyakan ahli hadis klasik justru mempersempit peran akal. Dengan beberapa argumen tersebut, cukup penting kiranya melakukan penelitian terhadap tokoh tersebut, dengan mengaitkannya dalam perkembangan pemahaman hadis di Indonesia. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) yang melibatkan berbagai sumber literatur bacaan, yang terkait dengan topik penelitian. Kemudian terkait metode, metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan historis-filosofis. Penggunaan kedua hal tersebut dalam penelitian ini diwujudkan dengan penggunaan hermeneutik dalam menganalisisnya. Hermeneutik dalam penelitian ini dipakai untuk melihat dan menganalisis lebih lanjut pemikiran memahami hadis Syuhudi Ismail. Bagaimana unsur-unsur hermeneutik seperti teks, konteks, dan kontekstualisasi beoperasi dalam pemikiran memahami hadis Syuhudi Ismail tersebut. Hasilnya, pemikiran memahami hadis Syuhudi Ismail menampakkan bentuk operasi hermeneutik. Seperti dalam upayanya mencermati hubungan antar teks (hadis dengan teks lain). Dimana hal tersebut termasuk salah satu bentuk metode pemahaman dalam aspek teks (dalam lingkup kajian hermeneutik). Selain itu, pemahaman hadis yang dilakukan oleh Syuhudi Ismail turut melibatkan konteks sosio-historis yang berupa konteks posisi atau fungsi Nabi dan latar belakang munculnya hadis. Upayanya dalam melakukan kontekstualisasi hadis melibatkan ijtihād (rasio/akal) dalam rangka mencari indikator-indikator konteks hadis di masa Nabi dan masa kini. Secara umum, bentuk operasi hermeneutika yang melibatkan aspek teks, konteks, dan kontekstualisasi jarang terlihat diaplikasikan secara bersama dalam pemikiran memahami hadis Muhammad Syuhudi Ismail tersebut. Muhammad Syuhudi Ismail lebih sering mengoperasikan ketiga unsur hermeneutik tersebut secara terpisah, seperti hanya melakukan analisis teks dan konteks saja, atau bahkan satu aspek saja. Ada pula yang hanya melakukan analisis teks saja, lalu melakukan kontekstualisasi. Padahal, untuk mengetahui makna teks secara utuh perlu pengoperasian aspek teks, konteks, dan kontekstualisasi yang padu. Walaupun begitu, kontribusi melalui berbagai karyanya mampu „memompa‟ gairah kajian hadis di Indonesia. Tepat kiranya jika Muhammad Syuhudi Ismail disebut sebagai salah satu tokoh pembaharu pemahaman hadis di Indonesia. Oleh karena itu, melalui penelitian ini harapannya selain dapat diketahui perkembangan studi hadis kawasan, juga dapat mengangkat kembali pemikiran memahami hadis yang bisa jadi menjadi salah satu alternatif memahami hadis pada masa kini. date: 2019-01-15 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: TAUFAN ANGGORO, NIM. 1620510018 (2019) STUDI HADIS DI INDONESIA: KAJIAN ATAS HERMENEUTIKA HADIS MUHAMMAD SYUHUDI ISMAIL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34937/1/1620510018%20%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34937/2/1620510018%20BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf