<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA"^^ . "wanyuningsih, implementasi terjemah harfiyyah dalam pembelajaran\r\nqawaid dengan menggunakan kitab safinatun najah pada kelas jurumiyyah di\r\npondok pesantren al-luqmaniyyah Yogyakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan\r\nKeguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, permasalahan, solusi,\r\nkelebihan dan kekurangan dari penerapan metode terjemah ḥarfiyyah dalam\r\npembelajaran qawāid Santri Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta.\r\nDengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada semua pihak\r\nyang ikut serta dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran dengan\r\nmenerapkan metode terjemah ḥarfiyyah dalam pembelajaran qawāid Santri.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang\r\ndilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya\r\nadalah Santri kelas Jurumiyyah dan Ustadz Pendamping. Analisis data yang\r\ndigunakan adalah analisis kualitatif dengan metode induktif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode terjemah ḥarfiyyah dalam\r\npembelajaran qawāid Santri di Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta ini\r\nmerupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi kaidahkaidah\r\nnaḥwiyyah dan ṡarfiyyah dalam sebuah teks. Penulis mendapatkan\r\nbeberapa kesimpulan, yakni: 1) Proses pembelajaran qawāid menggunakan\r\nmetode terjemah ḥarfiyyah di Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta\r\nmeliputi metode, perencanaan, model serta evaluasi yang semuannya saling\r\nberhubungan untuk mencapai tujuan mampu menerjemah dengan baik. 2)\r\nPermasalahan yang dihadapi adalah tingkat kemampuan Santri yang beragam,\r\nsehingga akan terasa sulit bagi Santri yang memiliki potensi kurang mahir dalam\r\nmenerjemah. Solusi dari permasalahan tersebut ialah perlu adanya keseriusan dan\r\nkekompakan antar Santri untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman. Supaya\r\nSantri akan tetap aktif di kelas dan pengampu bisa mengetahui seberapa tingkat\r\npemahaman Santri, demi terjadinya proses pembelajaran yang efektif. 3)\r\nKelebihan dari penerapan metode ini ialah, Santri akan lebih mudah dalam\r\nmemahami isi atau maksud dari sebuah teks berbahasa Arab serta memahami\r\nkaidah-kaidah naḥwiyyah dan ṡarfiyyah. Kekurangannya adalah selain harus\r\nmenguasai bahasa Indonesia, Santri juga harus menguasai bahasa Jawa, karena\r\nbahasa yang digunakan dalam penerjemah ḥarfiyyah ini menggunakan bahasa\r\nJawa.\r\nKata kunci: Problematika, Terjemah Ḥarfiyyah, Pembelajaran Qawāid."^^ . "2019-01-03" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 14420064"^^ . "WANYUNINGSIH"^^ . "NIM: 14420064 WANYUNINGSIH"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "14420064_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM\r\nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN\r\nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34938 \n\nIMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM \nPEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN \nKITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI \nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .