TY - THES N1 - Drs. Dudung Hamdun, M.Si. ID - digilib34941 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34941/ A1 - Ailiya Amiroh, NIM. 14420081 Y1 - 2019/02/22/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII MTsN 5 Sleman Yogyakarta kurang mampu dalam membaca teks bacaan berbahasa Arab dan memahami isinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran qir??ah adalah permainan edukatif tipe picture game. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar penggunaan media permainan edukatif berupa picture game dalam pembelajaran qir??ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas VII MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta sebanyak 128 siswa. Adapun sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai berupa analisis data statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79.09 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,09. Selisih nilai sebesar 10. Hasil analisis uji t pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HRa Rditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : Eksperimentasi, Permainan Edukatif, Picture Game, Pembelajaran Qir??ah. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Eksperimentasi KW - Permainan Edukatif KW - Picture Game KW - Pembelajaran Qir??ah. M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TIPE PICTURE GAME DALAM PEMBELAJARAN QIRA?AH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA TA 2018/2019 AV - restricted EP - 172 ER -