<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019"^^ . "Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media\r\npembelajaran bahasa Arab di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Oleh karena itu,\r\npeneliti mencoba menerapkan media permainan Kokaga (kotak dan kartu\r\ngambar) sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran kosakata bahasa Arab\r\ndengan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar), (2) Mengetahui\r\npenguasaan kosakata bahasa Arab setelah penerapan media permainan Kokaga\r\n(kotak dan kartu gambar), dan (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran kosakata\r\ndengan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar).\r\nPenelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang\r\ndilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, sedangkan jenis penelitiannya\r\nadalah eksperimen. Dengan penerapan permainan ini, diharapkan dapat\r\nmeningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun\r\ntes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan\r\npenelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Obyek\r\nyang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B\r\nsebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji\r\nindependent samples t-testmelalui SPSS 16.0.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan media Kokaga\r\n(kotak dan kartu gambar) di kelas V A diawali dengan guru mempertunjukkan\r\nbenda kepada siswa sebelum dimasukkan ke dalam kotak, lalu benda tersebut\r\ndimasukkan ke kotak, guru memberikan klu agar siswa mampu menebak benda,\r\nbenda tersebut dikeluarkan dari kotak jika siswa mampu menebak dengan benar,\r\nbegitu seterusnya sampai semua benda dalam kotak habis. (2) Penguasaan\r\nkosakata bahasa Arab siswa setelah menerapkan permainan Kokaga (kotak dan\r\nkartu gambar) mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 43,74 menjadi\r\n72,08. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab\r\nantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data\r\nmelalui uji Independent Samples T-Test dan menunjukkan nilai signifikansi\r\n0.003 lebih kecil 0.05 maka Ha diterima. Dan dari hasil analisis semua data,\r\nmedia permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar) efektif dalam pembelajaran\r\nkosakata siswa kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan TA. 2018/2019.\r\nKata Kunci : Media, Permainan Bahasa, Kokaga (kotak dan kartu\r\ngambar), Kosakata"^^ . "2019-02-22" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 14420096"^^ . "Abdul Basit"^^ . "NIM: 14420096 Abdul Basit"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Text)"^^ . . . . . "14420096_ bab i_bab v_daftar pustaka.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU\r\nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #34943 \n\nEFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU \nGAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB \nSISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .