eprintid: 34964 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/49/64 datestamp: 2019-05-08 05:59:39 lastmod: 2019-05-08 05:59:39 status_changed: 2019-05-08 05:59:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: OTORIKA WATI, NIM. 13680012 title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: active learning, index card match (ICM), motivasi belajar, hasil belajar note: Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si., abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) dan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes dengan instrumen berupa soal pre-test dan post-test. Analisis data motivasi belajar menggunakan analisis statistik non parametrik berupa uji Mann-Whitney dan untuk hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik parametrik berupa uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney dengan nilai sig. sebesar 0,000 0,05, 2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai sig. sebesar 0,003 0,05. date: 2018-12-04 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: OTORIKA WATI, NIM. 13680012 (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34964/1/13680012_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34964/2/13680012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf