%0 Thesis %9 Skripsi %A Ikfi Nuril Khoiriza, NIM. 14670033 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2019 %F digilib:34973 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan, multimedia, ikatan kimia, android, Lectora Inspire %P 158 %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA INSPIRE MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SEMESTER I %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34973/ %X Seiring berkembangnya teknologi saat ini, pemakaian gadget di kalangan pelajar semakin berkembang.Akan tetapi masih sebagian kecil yang memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media edukasi atau media pembelajaran. Sehingga diperlukan adanya penelitian yang mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan gadget salah satunya penelitian pengembangan multimedia pembelajaran kimia berbasis android menggunakan program lectora inspire.Penelitianini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kualitas serta menguji respon sisiwaterhadap multimedia pembelajaran kimia berbasis android menggunakan program lectora inspire materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development)dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Pengembangan aplikasi Chemical bond ini memperoleh masukan dari dosen pembimbing, 3peer reviewer, dosen ahli dan guru kimia. Sementara penilaian kualitas oleh dosen ahli dan 3 reviewer serta 10 siswa SMAN 10 Yogyakarta sebagai subjek uji respon produk. Penilaian kualitas disajikan denganmenggunakan skala likert sedangkan ujirespon siswa disajikan menggunakan sakala guttman. Instrumen penilaian kualitas berisi 6 aspek diantaranya kualitas tampilan, perangkat lunak, media pembelajaran, audio, kelayakan isi serta tata bahasa.Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal sebagai panduan penentuan kualitas produk. Penelitian ini tidak mencapai tahap uji coba secara luas sehingga hanya terbatas sampai tahap Development yaitu pengujian kualitas dan respon terbatas.Hasil penilaian menunjukan bahwa produk aplikasi Chemical bondyang dikembangkan menurut dosen ahli materi diperoleh kategori Sangat Baik (B) dengan presentase keidealan 93% dengan skor 43 sedangkan penilaian dari dosen ahli media diperoleh kategori Baik (B) dengan skor 41 dengan presentase keidealan 82%. Penilaian oleh tiga orang guru kimia diperoleh hasil dengan kategori Baik (B) dengan skor rata rata 67,3 dan presentase keidealan 79,2%. Sedangkan untuk respon siswa kela X MIPA mendapat skor rata rata 9,1 dengan presentase keidealan 91 % sehingga dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia khusunya pada materi ikatan kimia. %Z Khamidinal, M.Si