eprintid: 35048 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/50/48 datestamp: 2019-06-18 02:03:45 lastmod: 2019-06-18 02:03:59 status_changed: 2019-06-18 02:03:45 type: book_section metadata_visibility: show creators_name: ANINDITYA SRI NUGRAHENI, 19860505 200912 2 006 title: PERAN KELUARGA DALAM MENYUKSESKAN PENDIDIKAN DAN KARAKTER ANAK DI ERA MILENIUM ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: x_proc full_text_status: public pres_type: other note: Editor: M. Agung Rokhimawan & Endang Sulistiyowati abstract: [English] This article describes the roles of the family in the successful children’s education and character in the millennium era. Given in this millennium era of increasingly sophisticated technology so that children need intensive supervision from her parents. Some family roles that can be done include: 1) set the time to learn from 18.00 untill 20.00, 2) adjust the child’s play time is only one to two hours per day, 3) if both parents are working, they can keep control and set the time to learn children via telephone, 4) to guide children when at home in addition to reminding children to learn, as well as they play or watch TV. The formation of the character child shall cover three aspects of development, namely cognitive, affective and psychomotor. To meet these three aspects, the formation of character can be done by giving three touches, by example, affection and attention. Results of education and character formation of children are not spared from parenting parents. The parents’ parenting ideal is parenting democratic. Because happen a two-way communication between parents and children, so automatically there is an agreement in decision-making. [Indonesia] Artikel ini mendeskripsikan tentang peran keluarga dalam menyukseskan pendidikan dan karakter anak di era milenium. Mengingat di era milenium ini teknologi semakin canggih sehingga anak perlu pengawasan yang intensif dari orang tua. Beberapa peran keluarga yang dapat dilakukan antara lain: (1) mengatur waktu belajar dari pukul 18.00 hingga 20.00 WIB; (2) mengatur waktu bermain anak hanya satu hingga dua jam per hari; (3) Orang tua tetap mengontrol dan mengatur waktu belajar anak via telepon; (4) membimbing anak ketika di rumah selain mengingatkan anak untuk belajar, juga saat mereka bermain atau menonton TV. Pembentukan karakter bagi anak harus meliputi tiga aspek perkembangan, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk memenuhi ketiga aspek tersebut, pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan memberikan tiga sentuhan, yaitu dengan keteladanan, kasih sayang dan perhatian. Pendidikan dan pembentukan karakter anak tidak luput dari pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua yang ideal adalah pola asuh demokratis karena terjadi komunikasi dua arah antara orang tua dengan anak sehingga secara otomatis terjadi kesepakatan dalam setiap pengambilan keputusan. date: 2017-02-01 date_type: published publisher: PGMI Press UIN SUKA place_of_pub: Samarinda pagerange: 13-28 pages: 226 refereed: TRUE isbn: 978-602-61134-0-5 book_title: PROSIDING SEMINAR NASIONAL “PENDIDIKAN ERA MILENIUM” official_url: http://pgmi.uin-suka.ac.id/ citation: ANINDITYA SRI NUGRAHENI, 19860505 200912 2 006 (2017) PERAN KELUARGA DALAM MENYUKSESKAN PENDIDIKAN DAN KARAKTER ANAK DI ERA MILENIUM. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL “PENDIDIKAN ERA MILENIUM”. PGMI Press UIN SUKA, Samarinda, pp. 13-28. ISBN 978-602-61134-0-5 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35048/1/COVER%20PROSIDING%20PENDIDIKAN%20ERA%20MILENIUM.tif document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35048/2/Aninditya%20Sri%20Nugraheni%20-%20PERAN%20KELUARGA%20DALAM%20MENYUKSESKAN%20...pdf