%0 Thesis %9 Skripsi %A Asep Abdurahman, NIM. 11220056 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2019 %F digilib:35134 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tugas Guru BK, Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara %P 90 %T TUGAS GURU BK DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35134/ %X Asep Abdurahman. 2018. “Tugas Guru BK dalam membantu Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa kelas 10 SMA N 6 Yogyakarta”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. SMA Negeri 6 Yogyakarta adalah salah satu sekolah yang favorit yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Para siswa yang lulus dari sekolah tersebut kebanyakan mempunyai sebidang frestasi yang dapat diunggulkan dari siswa-siswi sekolah lainnya, seperti keterampilan berbicara dan keterampilanketerampilan lainnya. Tugas Guru BK di sekolah ialah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang tugas Guru BK dalam membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 10 SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode apa saja yang dilakukan oleh guru BK dalam membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 10 SMA N 6 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran tentang bagaimana metode yang diberikan oleh Guru BK dalam membantu meningkatkan keterampilan berbicara terhadap siswa kelas 10 melalui metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode; a) observasi, b) wawancara, dan c) dokumentasi. Informan dalam wawancara penelitian ini adalah salah satu guru BK SMA N 6 Yogyakarta yang menangani kelas 10. Hasil penelitian ini adalah diharapkan siswa kelas 10 yang terlibat dalam penelitian ini, dapat lebih percaya diri dan siswa lebih aktif saat pelajaran sedang berlangsung. Sedangkah langkah-langkah yang dilakukan oleh Guru BK dalam membantu meningkatkan keterampilan berbicara terhadap siswa kelas 10 dengan menggunakan metode diskursi diantaranya ialah; 1). Perencanaan layanan metode diskusi 2) Pelaksanaan layanan metode diskusi 3) Evalusi layanan metode diskusi 4) Laporan layanan metode diskusi 5) Tindak lanjut layanan metode disuksi %Z Nurjannah, M.Si.