TY - THES N1 - Irsyadnnas, M.Ag. ID - digilib35142 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35142/ A1 - Muhammad Maftuh Ridlo, NIM. 12220116 Y1 - 2019/06/11/ N2 - MUHAMMAD MAFTUH RIDLO (12220116), Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Pecandu Game Online di MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah Gresik. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini didasari atas keprihatinan peneliti akan kebiasaan siswa yang mengalami kecanduan game online dan juga akan berdampak negatif bagi pribadi siswa dan juga prestasi akademik siswa yang mengalami kecanduan game online. Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa yang mengalami kecanduan game online, hal tersebut mencakup beberapa langkah yang dugunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah yang dialami oleh para siswa di MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Penelitian ini termasuk dalam jenis lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, serta empat siswa MA kelas XI IPS MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tugas dan fungsi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online bagi siswa kelas XI IPS MA Al Muniroh Kecamtan Ujungpangkah Gresik. Yaitu : Pertama, sebagai perencana program dalam peranan ini Guru bimbingan dan konseling membuat perencanaan program bimbingan dan konseling, baik program mingguan, bulanan, dan tahunan. Kedua, sebagai administrator guru bimbingan dan konseling mencatat point-point penting saat berlangsungnya Bimbingan agar tau sedalam apa tingkat kecandaan siswa dengan game online tersebut, maka dari itu guru bimbingan dan konseling juga tau mana yang terlalu banyak bermain game online dan mana yang bermainnya biasa saja. Ketiga, sebagai penasehat guru Bimbingan dan Konseling hanya sebagai fasilitator yaitu mendorong peserta didik untuk turut aktif dalam menemukan solusi pemecahan masalahnya. Keempat, sebagai konsultan peranan ini untuk memudahkan konsultasi atau bekerjasama dengan guru mata pelajaran, orangtua, dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa Kelima, sebagai pemberi informasi peran utama guru bimbingan dan konseling adalah memberikan informasi, informasi awal digunakan guru bimbingan dan konseling melalui Layanan informasi. Keenam, sebagai tester guru bimbingan dan konseling memberikan follow up terhadap perkembangan yang dialami oleh siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru Bimbingan dan Konseling KW - Siswa Kecanduan Game Online. M1 - skripsi TI - PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA PECANDU GAME ONLINE DI MA AL-MUNIROH KECAMATAN UJUNG PANGKAH GRESIK AV - restricted EP - 100 ER -