%0 Thesis %9 Skripsi %A Anisah Uswatun Khasanah, NIM: 13220037 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2019 %F digilib:35145 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konseling Individu, Siswa Terlambat Masuk Sekolah %P 152 %T LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA YANG TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35145/ %X ANISAH USWATUN KHASANAH. Layanan Konseling Individu terhadap Siswa yang Terlambat Masuk Sekolah di MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. 2019. Perilaku kedisiplinan siswa di sekolah sangat beragam. Sebagian siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi, namun sebagian lagi rendah bahkan sangat rendah. Termasuk perilaku tidak disiplin yaitu sering datang ke sekolah terlambat dari waktu yang sudah ditentukan. Padahal perilaku disiplin merupakan aspek utama dan esensial pada pendidikan yang diemban oleh pendidik ataupun orang tua, sehingga anak didik mampu mengontrol perilakunya sendiri sesuai dengan nilai-nilai moral yang terinternalisasi. Berdasarkan hasil pengamatan penulis bahwa guru bimbingan dan konseling MAN 3 Bantul memiliki peran yang cukup besar dalam membantu siswa khususnya dalam hal kedisiplinan. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan konseling individu individu pada siswa yang terlambat masuk sekolah di MAN 3 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah guru BK dan siswa kelas XI MAN 3 Bantul yang terlambat masuk sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahap pelaksanaan konseling individu terhadap siswa kelas XI yang terlambat masuk sekolah di MAN 3 Bantul tahun ajaran 2018/2019 adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan laporan. %Z Irsyadunnas, M. Ag.