eprintid: 35151 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/51/51 datestamp: 2020-01-24 06:07:21 lastmod: 2020-01-24 06:07:29 status_changed: 2020-01-24 06:07:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elfrida Windyasari, NIM.: 15220006 title: BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Empati Kognitif. note: Muhsin, S.Ag., M.A., abstract: ELFRIDA WINDYASARI (15220006). Bimbingan Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Empati Kognitif Siswa MTsN 9 Bantul. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh turunnya dorongan para remaja masa kini untuk bersikap empati, sopan santun, dan kurang menjunjung tinggi nilai moral dalam berkehidupan. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang menjadi salah satu aspek dalam mempengaruhi perkembangan remaja dan dalam pembentukan karakter seorang remaja. Aspek kognitif dari empati meliputi aspek pemahaman atas kondisi orang lain. Aspek kognitif sangat berperan penting dalam proses empati, karena tanpa aspek kognitif yang memadai seseroang akan meleset dalam memahami kondisi orang lain sebab realitas yang ditangkap tidak sesuai dengan realitas yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru BK dan tiga siswa yang pernah melakukan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul melalui 5 tahap, yaitu tahap identifikasi masalah, tahap diagnosa, tahap prognosa, tahap terapi, dan tahap evaluasi dan follow up. date: 2019-04-26 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: phd citation: Elfrida Windyasari, NIM.: 15220006 (2019) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35151/1/15220006_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35151/2/15220006_BAB%20II_BAB%20III.pdf