%A NIM. 15220021 Ayuni Nurazizah %O Hj. Sriharini, S,.Ag, M.Si, %T BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA %X AYUNI NURAZIZAH (15220021), Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk meningkatkan sensitifitas siswa terhadap orang lain yang ada di sekitarnya dalam konteks yang positif karena menunjukkan bahwa semakin terkikis kepekaan sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta ketika dilihat dari kesehariannya, itulah sebabnya siswa cenderung kurang memiliki pelajaran dalam mengolah rasa dan semakin individualis. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahaptahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan model kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling serta siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta kelas VIII H. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat lima tahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan penilaian, dan tindak lanjut %K Prima Katalisindo, Starategi Pemberdayaan, Hasil Pemberdayaan. %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib35169