%0 Thesis %9 Skripsi %A ERIK MUNAWAROH, NIM.: 15220052 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2019 %F digilib:35184 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Program Literasi, Motivasi Belajar %P 123 %T PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35184/ %X ERIK MUNAWAROH (15220052), Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 8 Yogyakrta, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar dan minat baca siswa yang rendah. Program literasi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca kepada siswa. Membaca buku merupakan hal yang penting karena menjadi jendela dunia. Siswa yang sudah membudayakan membaca memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, karena semakin banyak membaca maka rasa akan haus ilmu pengetahuan semakin besar. SMP Negeri 8 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki program literasi yang baik. Penerapan program literasi sudah berjalan dan diterapkan kepada seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini ada 10 orang yaitu satu orang penanggung jawab dan pembimbing program literasi, satu wali kelas, satu guru bahasa Indonesia dan pembina program literasi, satu guru BK, dua siswa kelas VIII dan empat siswa kelas IX yang melaksanakan program literasi sekolah. Serta objek penelitian adalah tahap-tahap program literasi sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program literasi sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta menggunakan tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran %Z Muhsin Kalida, S.Ag., MA