%0 Thesis %9 Skripsi %A Andini Bestari Kusumaningtiyas, NIM. 15220081 %B Fakultas Dakwah Dan Komunikasi %D 2019 %F digilib:35188 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Bimbingan Keagaman , Efikasi Diri, Santri. %P 118 %T BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKARKAN EFIKASI DIRI SANTRI MADRASAH AN-NAFISAH LIL BANAT, AL-JENDERAMI, JENDERAM, HILIR, SELANGOR, MALAYSIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35188/ %X ANDINI BESTARI KUSUMANINGTIYAS (15220081), Bimbingan Keagamaan untuk Meningkatkan Efikasi Diri Santri Madrasah An-Nafisah Lil Banat, Al-Jenderami, Jenderam, Hilir, Selangor, Malaysia. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dahwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan yang ada di Madrasah An-Nafisih Lil Banat yayasan Al-Jenderami, Jenderam, Hilir, Selangor, Malaysia, selain mengaji para santri dibekali keterampilan tangan untuk memberikan keyakinan terhadap masa depannya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pelaksanaan bimbingan kegamaan untuk meningkatkan efikasi diri santri di Madrasah An-Nafisah Lil Banat Yayasan Al-Jenderami, Jenderam Hilir, Selangor, Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemimpin kegiatan bimbingan keagamaan/pengasuh madrasah dan empat santri yang memiliki efikasi diri rendah. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, metode bimbingan keagamaan untuk meningkatkan efikasi diri santri di Madrasah An-Nafisah lil Banat Yayasan Al-Jenderami, Jenderam, Hilir, Selangor, Malaysia adalah metode langsung secara kelompok. Kemudian dalam menyampaikan materi bimbingan digunakan 1). Metode ceramah, 2). Metode Tanya Jawab, 3). Metode Drill (Latihan). Sedangkan metode tidak langsung yang digunakan hanya papan pengumuman itu pun jarang digunakan. %Z A. Said Hasan Basri, S.PSI., M.Si