%A NIM 14210083 Fatma Nuraini Zahra %O Drs. Abdul Rozak, M.Pd. %T PERSEPSI CALON JAMAAH UMROH AL ANSHOR TOURS TERHADAP PEMBERITAAN KASUS PENIPUAN BIRO HAJI DAN UMROH %X Fatma Nuraini Zahra, 14210083, PERSEPSI CALON JAMAAH UMROH AL ANSHOR TOURS TERHADAP PEMBERITAAN KASUS PENIPUAN BIRO HAJI DAN UMROH, skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Februari, 2019 Media Massa merupakan sarana bagi para khalayak untuk dapat mengakses berbagai kebutuhan seperti kebutuhan informasi, pendidikan, hiburan hingga kontrol sosial dan dengan karakteristiknya masing-masing media massa mempunyai efek yang dapat menerpa khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media apa saja yang digunakan dalam mengakses berita dan persepsi khalayak tentang pemberitaan kasus penipuan biro haji dan umroh serta hubungan antara keduanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek media dan teori efek terbatas. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan alat bantu kuesioner. Responden dari penelitian ini ialah calon jamaah umroh Al Anshor Tours dengan jumlah sampel dan populasi sebanyak 48 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil kuesioner diolah dengan SPSS kemudian dimasukkan ke dalam coding sheet secara manual kemudian dianalisis. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis Chi Square. Berdasarkan hasil analisis data, media elektronik yaitu televisi masih menjadi media unggulan yang diakses oleh calon jamaah umroh dalam mendapatkan pemberitaan kasus penipuan biro haji dan umroh yaitu sebesar 50%dan perpsesi calon jamaah terhadap pemeberitaan tersebut adalah netral sebanyak 72,9%. Berdasarkan hasil analisis chi square adalah 6,297. Pada tabel distribusi chi square adalah 18,307 dilihat dari dk-nya 10 diperoleh hasil 6,297 < 18,307, maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jenis media massa yang diakses dengan persepsi calon jamaah umroh Al Anshor Tours terhadap Pemberitaan Kasus Penipuan Biro Haji dan Umroh %K Media Massa, persepsi, teori efek media massa, analisis chi square %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib35198