TY - THES N1 - Siti Aminah, S. Sos.I., M. Si ID - digilib35234 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35234/ A1 - NUR ALFI HASANAH, NIM 15230057 Y1 - 2019/04/18/ N2 - ABSTRAK Nur Alfi Hasanah, Pemberdayaan Siswi Melalui Program Mubalighat Hijrah Di Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pemberdayaan siswi merupakan cara untuk mewujudkan dan melahirkan sumber daya manusia yang handal. Karena seiring berkembangnya zaman Madrasah dituntut untuk menyuguhkan pola pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia yang handal. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan untuk memberdayakan para siswi agar memiliki potensi dan kemampuan yang handal. Dalam memberdayakan siswinya, Madrasah Aliyah Mu?allimaat mengadakan program mubalighat hijrah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan hasil pemberdayaan siswi yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penulisan dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi panitia mubalighat hijrah, pendamping mubalighat hijrah, pendamping asrama dan siswi yang mengikuti program mubalighat hijrah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan pengumpulan data, cara mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dari Edi Suharto, dan teori hasil dari jurnal karya Hairi Firmansyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga strategi yang digunakan Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah dalam memberdayakan siswinya, yaitu (1) muhadhoroh, kegiatan ini dilakukan setiap siswi secara rutin, (2) tim dakwah lokal, kegiatan ini dilakukan perkelompok secara rutin, dan (3) pelatihan mubalighat hijrah, dimana siswi diterjunkan ke masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan pencapaian dari pemberdayaan yang telah dilakukan. Kemudian hasil pemberdayaan ada empat yaitu (1) bertambahnya wawasan keilmuan dan pengalaman, (2) media aktualisasi potensi siswi, (3) terbentuknya mental yang tangguh, dan (4) terampil berdakwah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pemberdayaan KW - strategi pemberdayaan KW - mubalighat hijrah M1 - skripsi TI - PEMBERDAYAAN SISWI MELALUI PROGRAM MUBALIGHAT HIJRAH DI MADRASAH ALIYAH MU?ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA AV - restricted EP - 128 ER -