TY - THES N1 - Drs. H. Abdullah, M.Si ID - digilib35249 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35249/ A1 - Muhammad Alfan Huda, NIM.12220093 Y1 - 2019/01/24/ N2 - MUHAMMAD ALFAN HUDA (12220093), Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VII di MTs Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini mengingat bahwa para siswa kelas VII yang menempuh pendidikan di MTs Ali Maksum merupakan santri, yang sebagian besar jauh dari orangtua serta tempat tinggalnya. Sehingga para siswa memiliki kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam penyesuaiaan sosial di ruang lingkupnya yang baru. Sebab para siswa harus kembali beradaptasi dengan situasi baru yang jauh berbeda dari situasi mereka di rumah. Para siswa diharapkan dapat menyesuaikan dengan segala aspek yang ada di lingkungan baru (teman,guru, mata pelajaran, dsb). Faktor tersebut jelas menjadi hambatan bagi siswa dalam menjalani aktivitasnya sehingga menganggu siswa dalam mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di MTs Ali Maksum. Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam penyesuaian sosialnya, sehingga hal tersebut akan menimbulkan problematika yang ditemukan oleh guru BK di MTs Ali Maksum. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan lima siswa kelas VII di MTs Ali Maksum. Sedangkan objeknya adalah langkah dan tahap pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK tehadap siswa guna meningkatkan penyesuaian sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VII di MTs Ali Maksum Yogyakarta memiliki beberapa tahapan, yaitu: mengidentifikasi tujuan kelompok, mengorganisir kelompok, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penutupan, evaluasi, tindak lanjut dan alih tangan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konseling Kelompok KW - Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa M1 - skripsi TI - KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 130 ER -