@phdthesis{digilib35255, title = {BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14220056 Nuris Firori Humida}, year = {2019}, note = {Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA.}, keywords = {Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35255/}, abstract = {NURIS FIRORI HUMIDA (14220056), Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah permasalahan komunikasi interpersonal yang sering terjadi di lingkungan sekolah terkadang masih dianggap remeh oleh para pendidik, sedangkan siswa dituntut mampu berkomunikasi yang baik dengan warga sekolah yakni guru, staff, teman sebaya maupun personal sekolah lainnya. Komunikasi interpersonal sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan siswa memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik siswa akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan teman maupun guru sehingga hubungan siswa dengan lingkungan akan terjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap yang dilakukan sekolah dalam proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subjek penelitian guru bimbingan dan konseling, wali kelas, serta tujuh siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat tahap yang dilakukan dalam meningkatkan komunikasi interpersonal yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan (kegiatan) dan tahap pengakhiran.} }