@phdthesis{digilib35263, month = {February}, title = {MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KOOPERATIF SISWA KELAS IX J DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 15220035 Kartika Apriliana}, year = {2019}, note = {A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.}, keywords = {Media Puzzle, Sikap Kooperatif.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35263/}, abstract = {KARTIKA APRILIANA, 15220035, manusia adalah makhluk yang berbeda satu sama lain, sehingga konsekuensi logisnya manusia harus menjadi makhluk sosial, dimana harus mampu berinteraksi dengan makhluk sesamanya. Oleh karena itu, manusia tidak akan dapat memenuhi kehidupannya dan membutuhkan orang lain untuk saling berbagi dalam kehidupannya atau dapat disebut juga dengan sikap kooperatif terhadap sesama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media puzzle untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa. Dengan media puzzle tersebut, menuntut siswa agar dapat bekerjasama dengan siswa lain untuk dapat menyelesaikan puzzle tersebut secara bersamaan dalam satu kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru BK dan siswa kelas IX J SMP Negeri 15 Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah media puzzle untuk meningkatkan sikap kooperatif pada siswa. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah media puzzle untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa kelas IX J di SMP Negeri 15 Yogyakarta terdiri dari enam langkah yaitu merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media, persiapan guru, persiapan kelas, langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media, langkah kegiatan belajar siswa dan langkah evaluasi pengajaran} }