@phdthesis{digilib35270, month = {January}, title = {BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI MASALAH MEROKOK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KLATEN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15220068 Linda Maryana}, year = {2019}, note = {Dr. H. Rifa?i, M.A.}, keywords = {Bimbingan Kelompok, Masalah Merokok.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35270/}, abstract = {Linda Maryana. NIM 15220068. ?Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Masalah Merokok Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Klaten?. Skripsi: Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komununikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. November 2018. Latarbelakang penelitian ini bahwa MTs Negeri 2 Klaten melakukan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah merokok siswa, namun masih ada siswa yang melakukan perilaku merokok. Hal ini menjadi permasalahan bimbingan konseling. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang tahap-tahap bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah merokok dan faktor ?faktor penyebab merokok siswa MTs Negeri 2 Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah merokok dan faktor-faktor penyebab merokok siswa. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Disini peneliti menjelaskan dan menggambarkan proses pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah merokok dan faktor-faktor penyebab merokok siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis datanya menggunakan reduksi data yaitu memilah data-data yang diperoleh, penyajian data yaitu dirangkum dalam bentuk uraian singkat bersifat naratif, dan penarikan kesimpulan yaitu menyimpulkan hasil dari wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kemudian membandingkan antara perilaku merokok siswa sebelum dilakukan bimbingan kelompok dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru bimbingan konseling dan 3 sample siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah merokok dan faktor ?faktor penyebab merokok siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada empat tahap bimbingan kelompok yang dilakukan guru BK dalam mengatasi masalah merokok siswa. Tahap pembentukan. Tahap peralihan. Tahap kegiatan. Tahap Pengakhiran. Kemudian faktor-faktor penyebab perilaku merokok adalah karena pengaruh keluarga dan pengaruh teman.} }