@phdthesis{digilib35273, month = {February}, title = {PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA MAN 3 BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15220086 Akhmad Muzaki}, year = {2019}, note = {Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.}, keywords = {Metode Sosiodrama, Perilaku Sopan Santun}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35273/}, abstract = {AKHMAD MUZAKI (15220086). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa MAN 3 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Dalam menghadapi masa remaja individu dipengaruhi oleh faktor eksternal baik itu keluarga, kerabat atau teman sebaya. Disamping itu perkembangan teknologi yang semakin pesat juga mempengaruhi perilaku individu begitu juga perilaku sopan santun siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat pra-penelitian terdapat siswa yang kurang menghormati guru ketika pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode sosiodrama terhadap perilaku sopan santun siswa. Jenis penelitian ini berupa penelitian eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi sedangkan teknik analisis data menggunakan paired samples test (Uji-T Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 138,40 sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh yaitu 143,67, dari data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata sebesar -5,267. Nilai korelasi yang diperoleh dari uji paired samples test (Uji-T) sebesar 0,915 dengan signifikansi 0,000. Nilai t-hitung sebesar -3,088 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008. T-hitung (-3,088) ? t-tabel (2,145) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 {$\leq$} 0,05 artinya Ha dalam penelitian ini diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan rata-rata perilaku sopan santun sebelum dan sesudah dilakukannya treatment (metode sosiodrama). Dengan demikian metode sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa MAN 3 Bantul.} }