relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35280/ title: MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2014-2018 creator: Nazala Nur Zukhrufiana, NIM. 15240042 subject: Manajemen Dakwah description: Nazala Nur Zukhrufiana (15240042), Manajemen Kearsipan Dokumen Calon Jamaah Haji oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Tahun 2014-2018, Skripsi Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pelaksanaan manajemen kearsipan yang baik, sangat diperlukan oleh sebuah lembaga pemerintahan termasuk kantor kementerian agama, karena kearsipan mencakup proses penyusunan dan penyimpanan surat-surat maupun dokumen termasuk dokumen administrasi calon jemaah haji yang akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama karena melihat fenomena saat ini bahwa daftar tunggu jemaah haji sudah mencapai dua puluhan tahun. Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan ibadah haji, termasuk dokumen pendaftaran calon jemaah haji telah berinovasi dengan adanya E-Arsip untuk mengatasi dokumen pendaftaran calon jemaah haji yang semakin banyak. Namun dari empat kabupaten yang ada di Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul salah satu yang belum mengaplikasikan sistem E-Arsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menggambarkan proses manajemen kearsipan dokumen calon jemaah haji oleh seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Tahun 2014-2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Analisis Data Flow model yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa manajemen kearsipan dokumen calon jemaah haji oleh seksi penyelenggara haji dan umrah masih dilakukan secara manual yang dilakukan dengan serangkaian kegiatan mulai dari pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, penjagaan dan pemeliharaan. Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul sudah memiliki pedoman kearsipan yang merujuk KMA Nomor 44 Tahun 2010 tentang pedoman penataan kearsipan di lingkungan kementerian agama meskipun dalam pelaksanaannya belum berjalan maksimal sesuai dengan pedoman, hal ini dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dan sumber daya manusia arsip. Dokumen calon jamaah haji menggunakan sistem penyimpanan kombinasi antara sistem nomor (numerical system) yaitu menggunakan nomor porsi dan sistem tanggal (chronological system) sesuai tanggal pendaftaran jamaah sehingga kurang efektif dan sering terjadi kesulitan dalam proses pencarian arsip ketika akan digunakan date: 2019-04-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35280/1/15240042_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35280/2/15240042_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nazala Nur Zukhrufiana, NIM. 15240042 (2019) MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2014-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.