%0 Thesis %9 Skripsi %A TRI AMINAH MAULIANA, NIM. 14490103 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:35324 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci : Kebijakan Tazir, Pesantren, Perspektif HAM. %P 139 %T ANALISIS KEBIJAKAN PENERAPAN TA’ZIR DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35324/ %X Penelitian ini membahas tentang kebijakan penerapan ta‟zir yang dilaksanakan di pondok pesantren Al-luqmaniyah Yogyakarta dalam Perspektif Hak Asasi Manusia (HAM). Fokus penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Kebijakan Penerapan Ta‟zir di Pondok Pesantren Al-luqmaniyah Yogyakarta. 2) Bagaimana Kebijakan Penerapan Ta‟zir di Pondok Pesantren Al-luqmaniyah Yogyakarta dilihat dari perspektif HAM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dimulai dari mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) penerapan ta‟zir di pondok pesantren Al-luqmaniyah terdapat 4 kategori yaitu: kategori ringan, sedang, berat dan sangat berat. Kebijakan ta‟zir yang dilaksanakan di pondok pesantren Al-luqmaniyah Yogyakarta tergantung kepada keputusan pengasuh atau ndalem, meskipun demikian keputusan yang diambil tidak terlepas dari ketentuan konun peraturan dan sanksi yang telah dibuat sebagai acuan. 2). Kebijakan penerapan ta‟zir di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah dilihat dari perspektif HAM, yaitu terdapat beberapa bentuk ta‟ziran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan asas-asas HAM seperti gundul, akan tetapi dalam upaya pembentukan generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah dan berkarakter, maka pihak pesantren harus menerapkan aturan-aturan yang telah berlaku. Bahkan menurut lurah pondok pesantren Al-Luqmaniyyah dengan adanya pelaksanaan ta‟zir, pesantren justru telah ikut andil dalam upaya perlindungan HAM. %Z Miftahus Sa‟adah, S. Pd, I, M. Ed