@phdthesis{digilib35326,
           month = {February},
           title = {EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER
TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN
DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 15490032 ALFI RAHMAH SYA?BANA. MS},
            year = {2019},
            note = {Drs. M. Jamroh Latief, M.Si,},
        keywords = {Evaluasi Program Model Goal Free Evaluation, Karakter
Keberagamaan, Ekstrakurikuler Tahfidz.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35326/},
        abstract = {Latar belakang penelitian ini bermula dari evaluasi program yang
dilakukan oleh dewan asatidz dan pembimbing di program ekstrakurikuler
taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta lebih berfokus
pada perkembangan karakter santri dan dampak-dampak yang ditimbulkan
daripada jumlah hafalan yang dimiliki. Selain itu, evaluasi yang dilakukan
berdasarkan proses pembelajaran selama program berlangsung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan
menggunakan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Kemudian teknik validasi dan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Metode yang
dilakukan dengan menulis hasil wawancara dengan narasumber, mencatat hasil
observasi, dan dokumentasi untuk dianalisis dan diolah datanya sehingga dapat
diinterpretasikan data tersebut dengan teori yang telah ada sebelumnya.
Penelitian ini dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD
Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembentukan karakter yang
dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah
Condongcatur Yogyakarta berdasarkan dimensi keberagamaan, dimana nilai
yang terdapat di dalamnya ada 3, yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c)nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan (e) nilai eksperimental. (2) Urgensi
evaluasi program model goal free evaluation dalam membentuk karakter santri
terbagi menjadi tiga aspek, yaitu: (a) mengetahui kekurangan program yang
dapat menjadi refleksi dalam memperbaiki sistem program kedepannya nanti,
(b) mengetahui perbandingan tiap halaqoh sehingga dapat saling tukar
informasi dan strategi, dimana dewan asatidz bisa saling menyamakan standar
penilaian, dan (c) mengetahui perkembangan karakter santri. (3) Pelaksanaan
evaluasi program pada program ekstrakurikuler taman tahfidz menggunakan
evaluasi program model goal free evaluation, dimana model tersebut memiliki
tiga tahapan, yaitu: (a) persiapan evaluasi program, (b) pelaksanaan evaluasi
program, dan (c) monitoring atau pemantauan evaluasi program. (4) Hasil dari
pembentukan karakter keberagamaan di program ekstrakurikuler taman tahfidz
SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dibagi menjadi lima nilai,
yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c) nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan
(e) nilai eksperimental.}
}