relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35326/
title: EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER  TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN  DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA
creator: ALFI RAHMAH SYA’BANA. MS, NIM. 15490032
subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
description: Latar belakang penelitian ini bermula dari evaluasi program yang  dilakukan oleh dewan asatidz dan pembimbing di program ekstrakurikuler  taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta lebih berfokus  pada perkembangan karakter santri dan dampak-dampak yang ditimbulkan  daripada jumlah hafalan yang dimiliki. Selain itu, evaluasi yang dilakukan  berdasarkan proses pembelajaran selama program berlangsung.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan  menggunakan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan  dokumentasi. Kemudian teknik validasi dan keabsahan data menggunakan  triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Metode yang  dilakukan dengan menulis hasil wawancara dengan narasumber, mencatat hasil  observasi, dan dokumentasi untuk dianalisis dan diolah datanya sehingga dapat  diinterpretasikan data tersebut dengan teori yang telah ada sebelumnya.  Penelitian ini dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD  Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembentukan karakter yang  dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah  Condongcatur Yogyakarta berdasarkan dimensi keberagamaan, dimana nilai  yang terdapat di dalamnya ada 3, yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c)nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan (e) nilai eksperimental. (2) Urgensi  evaluasi program model goal free evaluation dalam membentuk karakter santri  terbagi menjadi tiga aspek, yaitu: (a) mengetahui kekurangan program yang  dapat menjadi refleksi dalam memperbaiki sistem program kedepannya nanti,  (b) mengetahui perbandingan tiap halaqoh sehingga dapat saling tukar  informasi dan strategi, dimana dewan asatidz bisa saling menyamakan standar  penilaian, dan (c) mengetahui perkembangan karakter santri. (3) Pelaksanaan  evaluasi program pada program ekstrakurikuler taman tahfidz menggunakan  evaluasi program model goal free evaluation, dimana model tersebut memiliki  tiga tahapan, yaitu: (a) persiapan evaluasi program, (b) pelaksanaan evaluasi  program, dan (c) monitoring atau pemantauan evaluasi program. (4) Hasil dari  pembentukan karakter keberagamaan di program ekstrakurikuler taman tahfidz  SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dibagi menjadi lima nilai,  yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c) nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan  (e) nilai eksperimental.
date: 2019-02-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35326/1/154900321_BAB-I_V-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35326/2/15490032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ALFI RAHMAH SYA’BANA. MS, NIM. 15490032  (2019) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.