@phdthesis{digilib35331, month = {January}, title = {PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA?ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12480029 Wulan Mazia Fuadati}, year = {2019}, note = {Sigit Prasetyo, M.Pd. Si.,}, keywords = {Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35331/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Magelang, dan (3) sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma?arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung{\ensuremath{>}}t tabel (3,314{\ensuremath{>}}2,045), signifikansi 0,003{\ensuremath{<}}0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung{\ensuremath{>}}t tabel (2,228{\ensuremath{>}}2,045), signifikansi 0,034{\ensuremath{<}}0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai F hitung{\ensuremath{>}}F tabel (13,971{\ensuremath{>}}3,35) dengan nilai signifikansi 0,000{\ensuremath{<}}0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9\%, sedangkan sisanya sebesar 49,1\% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.} }