%A NIM. 12480046 SHOFA RAHAYU %O Fitri Yuliawati, M.Pd.Si. %T PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG KELAS V SD/MI SEMESTER I %X Latar belakang pengembangan ensiklopedia sains ini adalah ditemukannya fakta di lapangan berkaitan dengan berlakunya dua kurikulum di Indonesia, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang tentunya memiliki karakteristik masing-masing, termasuk karakteristik buku teks pelajaran dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, masih adanya USBN dalam bentuk mata pelajaran sebagai pengukur pencapaian kompetensi yang menyulitkan bagi peserta didik di sekolah dengan basis Kurikulum 2013. Selain itu masih adanya USBN sebagai pengukur ketercapaian kompetensi peserta didik yang memberatkan bagi pengguna kedua kurikulum yang berlaku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk ensiklopedia sains yang sesuai dengan KTSP dan Kurikulum 2013 dan mengetahui kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta mengetahui respon peserta didik terhadap ensiklopedia sains yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penghitungan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Produk ensiklopedia sains yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai bahan ajar pendukung untuk kelas V SD/MI semester I berdasarkan penilaian Baik (B) dari ahli materi, Sangat Baik (SB) dari ahli media, dan Baik (B) dari ahli bahasa. Ensiklopedia sains ini juga mendapat respon positif dari 10 peserta didik SD/MI kelas V. %K Pengembangan, Ensiklopedia Sains, Bahan Ajar Pendukung %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib35333