eprintid: 35336
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 77
dir: disk0/00/03/53/36
datestamp: 2019-06-28 08:55:23
lastmod: 2019-06-28 08:55:23
status_changed: 2019-06-28 08:55:23
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Umi Muthmainnah, NIM. 14480021
title: PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci: Pembentukan, Karakter, Disiplin, Ekstrakurikuler, dan Hizbul
Wathan.
note: Dr. H. Sedya Santosa, S.S, M.Pd.,
abstract: Sekolah merupakan sarana yang secara sengaja dirancang untuk
melaksanakan pendidikan. Pendidikan tidak hanya terkait dengan betambahnya
ilmu pengetahuan namun harus mencangkup aspek sikap dan perilaku sehingga
dapat menjadikan peserta didik sebagai manusia yang bertakwa, berilmu dan
berakhalak mulia. Salah satu karakter yang penting dikembangkan adalah
karakter disiplin. Pembentukan karakter disiplin sangat diperlukan, karena
kedisiplinan menjadi kunci yang menunjukan karakter masyarakat modern.
Peserta didik yang memiliki karakter disiplin sanggup menentukan kelakuanya
sendiri sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat dan sanggup berdiri sendiri
menghadapi situasi dalam hidupnya kearah kedewasaan. Ada banyak cara yang
dapat dilakukan dalam melakukan pembentukan karakter kedisiplinan pada
peserta didik, salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan yang
berada di sekolah-sekolah swasta khususnya sekolah Muhammadiyah. Hizbul
Wathan merupakan kegiatan untuk mendidik generasi muda menjadi seorang
yang disiplin yang menekankan pada prinsip keislaman didalamnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan,
pembina Hizbul Wathan, peserta didik, dan orang tua. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi partisipatif pasif, wawancara tersetruktur, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penegcekan data menggunakan
triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pembentukan karakter disiplin pada
peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah
Karangbendo yaitu dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang
sebuah aturan, menetapkan aturan melalui Janji Hizbul Wathan dan Undang-
Undang Hizbul Wathan, hukuman yang mendidik, memberikan pengawasan
konsep Amal Ma'ruf Nahi Mungkar, dan memberikan keteladan. (2) Hasil dari
pembentukan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul
Wathan di SD Muhammadiyah Karangbendo yaitu, peserta didik dapat
memposisikan diri dengan tertib dan rapi saat berbaris sehingga mampu
menciptakan kondisi yang tertip dan kondusif.
date: 2018-11-14
date_type: published
pages: 186
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Umi Muthmainnah, NIM. 14480021  (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35336/1/14480021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35336/2/14480021_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf