eprintid: 35341 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/53/41 datestamp: 2019-07-01 01:30:29 lastmod: 2019-07-01 01:56:23 status_changed: 2019-07-01 01:30:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisya Rifa’atul Aridhani, NIM. 14480078 title: PENJAMINAN MUTU INTERNAL PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Implementasi, Mutu Internal, dan Proses Pembelajaran note: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I abstract: Penjaminan mutu pendidikan merupakan kunci keberhasilan dari sebuah lembaga pendidikan agar mendapatkan lulusan yang bekualitas. Latar belakang penelitian ini adalah SDIT Salsabila 3 Banguntapan sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam merupakan salah satu sekolah favorit di Yogyakarta dengan memiliki segudang prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui alur penjaminan mutu internal proses pembelajaran tematik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penjaminan mutu internal proses pembelajaran tematik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan yang berada di Jl. Jurugentong Banguntapan, Bantul. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sarana-prasarana, wakil kepala kesiswaan, guru kelas I dan IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Alur kegiatan sistem penjaminan mutu internal proses pembelajaran di SDIT Salsabila 3 Banguntapan meliputi: pemetaan mutu pendidikan melalui Evaluasi Diri Peserta didik (EDS), pembuatan Rencana Kerja Sekolah (RKS), pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah (RKS) untuk Standar Proses, monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu dalam proses pembelajaran, serta menyusun strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi proses pembelajaran. Faktor pendukung meliputi dukungan dari orang tua, dan dukungan dari yayasan maupun dinas pendidikan. Faktor penghambat meliputi aspek kualifikasi dan kompetensi guru yang perlu ditingkatkan dan sarana prasarana yang perlu penambahan. date: 2019-02-08 date_type: published pages: 228 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aisya Rifa’atul Aridhani, NIM. 14480078 (2019) PENJAMINAN MUTU INTERNAL PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35341/2/14480078_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35341/1/14480078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf