@phdthesis{digilib35342, month = {November}, title = {PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480084 Iidani}, year = {2018}, note = {Sigit Prasetyo, M.Pd, Si.}, keywords = {Kata Kunci: Media Lagu, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35342/}, abstract = {Pembelajaran tematik di MIN 1 Yogyakarta perlu adanya media pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia peserta didik. Motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan baik apabila guru mampu membuat proses pembelajaran yang aktif menyenangkan sesuai dengan pembelajaran tematik. Salah satu media pembelajaran yang tepat untuk menumbuhkan motivasi belajar untuk tingkat kelas III adalah media lagu. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dapat ditarik tujuan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik di kelas III C MIN 1 Yogyakarta, 2) Bagaimana penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan motivasi belajar di kelas III C MIN 1 yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah di MIN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas, Peserta didik, dan Wali Peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan prosedur sebagai berikut: a) Orientasi Visual: (a) Peserta didik membaca teks lagu, (b) Peserta didik berlatih menyanyikan lagu, b) Orientasi Aural: (a) peserta didik mendengarkan lagu, (b) Peserta didik mengingat lagu, dan c) Orientasi Kreatif: (a) Peserta didik menampilkan lagu, dan 2) Penggunaan media lagu dapat menumbuhkan motivasi belajar dengan terlihatnya Peserta didik memiliki (a) Semangat dalam belajar, (b) Gairah yang tinggi, (c) Daya konsentrasi dalam belajar, (d) Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, (e) Rasa percaya diri, dan (f) Daya juang dalam berkompetisi.} }