%A NIM. 14480116 Artika Al Arqomi %O Sigit Prasetyo, S. Pd. I, M. Pd. Si., %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN %X Peserta didik kelas IV SDIT Salsabila 2 Klaseman mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika pecahan dalam bentuk soal cerita. Di samping itu kecenderungan guru dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar yaitu menggunakan metode ceramah dan penugasan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, (2) Mengetahui besar sumbangan pengaruh model kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 29 dengan teknik sampel jenuh dimana seluruh popuasi dijadikan sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes uraian. Uji prasyarat menggunakan normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu uji t (Paired Samples Correlations) dan r2. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai sig 0,000 yang artinya Ha diterima sehingga ada pengaruh antara pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan kemampuan menyelesaiakan soal cerita, 2) Besarnya sumbangan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 0,164 artinya tergolong berefek sedang. %K Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe CIRC, Soal Cerita, Matematika %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib35343