%A NIM.:14480135 Achmad Mukhlasin %O Sigit Prasetyo, M.Pd.Si %T PEMBELAJARAN BERDIFERENSI PADA MATA PELAJARAN IPA BAGI ANAK SLOW LEARNER KELAS VB SD NEGERI TAMANSARI 1 WIROBRAJAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensi pada mata pelajaran IPA bagi anak slow learner kelas VB SD Negeri Tamansari 1 Wirobrajan Yogyakarta. Kegiatan perencanaan, rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berdiferensi di SD Negeri Negeri Tamansari 1 Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian guru kelas VB, peserta didik kelas VB, Kepala Sekolah, serta Wali Murid SDN Inklusi Tamansari I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian antara lain: 1) Tidak ada perbedaan pembelajaran antara anak slow learner dengan anak reguler. 2) Guru kelas menggunakan Rancangan Pelakasanaan Pembelajara (RPP) reguler untuk anak slow learner. 3) Strategi pembelajaran,tugas dan media pembelajaran yang digunakan guru tidak ada perbedaan. 4) Guru mmemberikan keringanan pada saat guru mengoreksi pekerjaan peserta didik. %K Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensi, Mata Pelajaran IPA, Anak Slow Learner, SD Negeri Tamansari 1 %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib35345