eprintid: 35347 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/53/47 datestamp: 2019-07-01 02:33:08 lastmod: 2019-07-01 02:33:08 status_changed: 2019-07-01 02:33:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur Ikhsan, NIM.: 14480138 title: STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Strategi guru, iklim kelas yang kondusif. note: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif di SDIT Salsabila Al Muthi’in Banguntapan Bantul. (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang di SDIT Salsabila Al Muthi’in Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian guru kelas II B, kepala sekolah SDIT Salsabila Al Muthi’in, dan peserta didik kelas II B di SDIT Salsabila Al Muthi’in. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu dengan: (a) pengaturan tempat duduk, (b) mengatur ventilasi dan pengaturan cahaya, (c) mengatur penyimpanan barang, (d) menciptakan kelas yang bersih dan indah, (e) meningkatkan kesadaran diri sebagai guru dan siswa, (f) membina iklim sosio-emosional yang baik di kelas, (g) membina iklim sosial kelas yang baik, dan (h) menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku. Faktor pendukung strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu: (a) lingkungan di dalam kelas, (b) lingkungan sekitar kelas. Faktor penghambat strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu: (a) faktor guru yang kurang persiapan dalam mengajar, (b) peserta didik yang tidak siap mengikuti pembelajaran, (c) fasilitas yang masih kurang seperti LCD. date: 2018-11-13 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Ikhsan, NIM.: 14480138 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35347/1/14480138_BAB%20I_%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35347/2/14480138_BAB%20II_III_%20IV.pdf