@phdthesis{digilib3538, month = {February}, title = {KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA (Studi Rintisan SBi)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { FAJRIYAH MUBAROKAH - NIM. 05470054 }, year = {2010}, note = {Pembimbing : Dr. H Muh Anis MA}, keywords = {kepemimpinan, studi rintisan BSI, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3538/}, abstract = {Fajriyah Mubarokah. Penelitian Skripsi ini berjudu quot;Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Studi Rintisan SBI) quot; bertujuan untuk mengungkap (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam proses menuju SBI. (2) Apa saja kendala yang dihadapi dan usaha yang ditempuh kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam rintisan SBI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analitis, alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi pada masa sekarang. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah SMA Muhammadiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sudah cukup baik, ini bisa dilihat dari cara Drs Mahfudz MA dalam memberi motivasi anak buahnya, sehingga menimbulkan semangat dan kemauan yang keras dari stakeholder sekolah dalam rangka mewujudkan tujuan bersama. Contoh kecilnya yaitu dalam usaha menjadikan sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini menjadi Sekolah bertaraf Internasional. Walaupun saat ini masih dalam tahap quot;proses quot;, akan tetapi dalam empat tahun ini sudah mulai menampakkan hasil. Sehingga pada tahun 2010 sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta merasa optimis akan mampu melepaskan huruf quot;R quot; pada RSBI menjadi SBI. (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah kombinasi antara 3 gaya kepemimpinan, yakni otoriter, laizzez freire dan demokratis. Sesuai dengan situasi dan kondisi. (3) Usaha atau upaya kepala kepala sekolah dalam menghadapi kendala tersebut diantaranya adalah dengan: a. Mengirim guru untuk ikut serta dalam pelatihan-pelatihan b. Memotivasi guru, staf dan karyawan untuk melanjutkan S2 c. Memberdayakan fungsi manajemen yakni Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan evaluasi untuk menjalankan kepemimpinan secara optimal. } }