%A NIM. 14730072 Salsabila Nur Fidayanti
%O Dr. Iswandi Syahputra, M.Si
%T UNSUR KOMUNIKASI PERSUASIF PADA FITUR TERBARU INSTAGRAM
DALAM MENGUBAH GAYA HIDUP
(Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Mahasiswa Tingkat Akhir Strata Satu Sebagai
pengguna aktif Instagram)
%X Media sosial merupakan suatu hal yang sangat melekat pada diri mahasiswa sebagai
kaum millenial. Instagram melalui konsepnya yang bersifat audio-visual menjadi sebuah
karakteristik yang menjadi keharusan dalam pergaulan dan gaya hidup Mahasiswa.
Mahasiswa tingkat akhir dalam menempuh pendidikan Strata satu mengalami situasi usia
keemasan yang memerlukan lebih banyak sifat pengendalian diri. Dimana mahasiswa tingkat
akhir yang memiliki banyak keluangan waktu untuk mempelajari banyak hal selain
pengetahuan akademik. Melalui fitur terbarunya Instagram sebagai media sosial yang
berpotensi mengubah gaya hidup mahasiswa tingkat akhir. Perubahan gaya hidup yang terjadi
pada mahasiswa tingkat akhir oleh karena fitur terbaru Instagram menimbulkan banyak sekali
dinamika-dinamika yang terjadi sehingga diperlukan adanya pencerahan bagi penggunaan
dan pengetahuan akan konsep kerja suatu platform media baru. Melalui teori New Media oleh
Denis McQuail peneliti menggali bagaimana unsur persuasif yang terdapat dalam Instagram
yang berpotensi untuk mengubah gaya hidup mahasiswa tingkat akhir. Hubungan antara
karakteristik new media, gaya hidup dan unsur persuasif yang terdapat dikaji ulang dengan
pendapat seorang ahli media yang juga merupakan Dosen Universitas ternama di Yogyakarta
guna mendapatkan kesimpulan yang layak dan bermanfaat untuk mengurangi jumlah
penggunaan berlebih pada Instagram yang menimbulkan konsumerisme.
%K Kata kunci : Millenial, Instagram, New Media, Gaya Hidup
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib35394