eprintid: 3543 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/35/43 datestamp: 2012-08-27 11:46:04 lastmod: 2017-04-05 02:13:27 status_changed: 2012-05-04 16:44:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUNIK ZENIATI - NIM. 05420056, title: KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: kolerasi, peran guru, gaya belajar, kemampuan mambaca teks arab note: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang kurang mampu dalam membaca teks bahasa Arab, meskipun sudah diberi harokat. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca teks bahasa Arab, di antaranya adalah peranan guru dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan yang signifikan antara peranan guru dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, ada atau tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, dan ada atau tidak ada korelasi yang signifikan antara peranan guru dan gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi.analisis data dengan penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment dan regresi ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya dari kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) dan peranan guru dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, yaitu sebesar 0,206 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 0,325 maupun taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,250. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peranan guru dan kemampuan membaca teks bahasa Arab ditolak. Besarnya harga koefisien korelasi hitung antara gaya belajar siswa dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab yaitu 0,365 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 0,325 maupun taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,250. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara gaya belajar siswa dengan kemampuan membaca teks bahasa diterima. Setelah menguji signifikansi koefisien korelasi ganda, diketahui besarnya rx1x2y sebesar 0,409 hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara peranan guru dan daya belajar siswa dengan kemampuan siswa membaca teks bahasa Arab sebesar 40,9 %. Sedang harga F hitung 5,735 sedangkan besarnya harga F tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 4,98 dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,15 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara peranan guru dan gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab diterima. date: 2010-02-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-01 11:57:31 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nunikzenia-3340-1-nunikze-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/67/digilib-uinsuka--nunikzenia-3340-1-nunikze-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3745 ; nama file lama : NUNIK ZENIATI 05420056 KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1653616 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUNIK ZENIATI - NIM. 05420056, (2010) KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3543/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3543/2/BAB%20II%2C%20III.pdf