TY - THES N1 - Dr. Hj. Casmini M.Si. ID - digilib35432 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35432/ A1 - Arifah Fahrunnisa, NIM. 1620311036 Y1 - 2018/11/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi konseling latihan asetif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala kamampuan komunikasi interpersonal dengan kategori rendah, sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 2 orang siswa slow learner yang mendapatkan skor kemampuan komunikasi interpersonal rendah dari 5 siswa kelas II SD Teladan Yogyakarta. Analsis data menggunakan Paired Sample T-Test. Penggumpulan data menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konseling latihan asetif efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner SD Teladan Yogyakarta. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukan bahwa data xii berdistribusi normal sehingga analisis data menggunakan statistik paramertik. Hasil analisis tersebut dapat dilihat pada output perhitungan statistik parametrik menggunakan uji Paired sample T-Test dengan hasil p =0,049; p<0,05, artinya kemampuan komunikasi interpersonal siswa slow learner sebelum dan setelah mendapatkan strategi konseling latihan asertif memiliki perbedaan yang nyata, di mana setelah latihan meningkat dibandingkan sebelum latihan, dengan kata lain, pada tingkat kepercayaan 95% latihan ini efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner. Selain itu juga dapat dilihat dari mean sebelum (pre-test) 1,15 dan mean setelah (post-test) 1,175. Standar deviasi sebelum (pre-test) 4,24264 dan standar deviasi setelah (post-test) 4,94975. Nilai minimum sebelum (pre-test) 112 dan nilai minimum setelah (post-test) 114. Nilai maksimum sebelum (pre-test) 118 dan nilai maksimum setelah (post-test) 121. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Strategi Konseing Latihan Asertif KW - Komunikasi Interpersonal M1 - masters TI - EFEKTIVITAS STRATEGI KONSELING LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER AV - restricted EP - 277 ER -