eprintid: 3544 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/35/44 datestamp: 2012-08-27 12:20:06 lastmod: 2012-08-27 12:21:54 status_changed: 2012-05-04 16:44:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LESTARI WILUJENG - NIM. 05410162, title: MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Teams Games Tournament (TGT) note: Pembimbing : Dra. Hj.Sri Sumarni,M.Pd. abstract: Proses pembelajaran Fiqh di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Metode yang dipakai oleh guru selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi dari siswa. Akibatnya siswa kurang kreatif dan malas berfikir sehingga menyebabkan nilai-nilai yang diperoleh rendah. Guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran baru yaitu Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, yaitu menghitung data dengan angka, kemudian menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Prestasi belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran Fiqh sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) rendah, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 44,82 (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran Fiqh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,24 dan siklus II sebesar 81,56. (3) Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II, prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengalami peningkatan yang signifikan date: 2010-02-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-01 12:09:18 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--lestariwil-3341-1-lestari-t.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/67/digilib-uinsuka--lestariwil-3341-1-lestari-t.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3746 ; nama file lama : LESTARI WILUJENG 05410162 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1895147 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: LESTARI WILUJENG - NIM. 05410162, (2010) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544/10/small.jpg