eprintid: 35448 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/54/48 datestamp: 2019-07-04 02:08:25 lastmod: 2019-07-04 02:08:25 status_changed: 2019-07-04 02:08:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zunaida Farisa, NIM. 14120032 title: KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010) ispublished: pub subjects: S divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci:Pondok Pesantren Darul Ulum, Kepemimpinan K.H. Muh. As’ad Umar. note: Dr. Hj. Siti Maryam M.Ag. abstract: K.H. Muh. As’ad Umar adalah pemimpin ke-empat setelah K.H. Mustain Romly di Pondok Pesantren Darul Ulum. Pondok Pesantren Darul Ulum mengalami masa keemasan pada masa kepemimpinan K.H. Muh. As’ad Umar yaitu pada tahun 1985-2010. Selama kepemimpinannya, pesantren ini mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan dan sarana prasarana. Pada bidang pendidikan, K.H. Muh. As’ad Umar mengkolaborasikan ilmu umum, ilmu agama serta teknologi dengan mendirikan sekolah dan universitas. Hal ini sekaligus menjadi pendorong perkembangan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Darul Ulum. Kemudahan dalam memajukan pesantren ini tidak lepas dari kemahiran K.H. Muh. As’ad Umar dalam melobi pihak swasta maupun pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan biografi. Peneliti mengkaji sifat, watak dan pengaruh lingkungan sosial-politik K.H. Muh. As’ad Umar. Sementara teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass yang menjelaskan bahwa pemimpin dapat mengubah dan memotivasi para pengikutnya. Teori ini digunakan untuk melihat keberhasilan K.H. Muh. As’ad Umar dalam memotivasi pengikutnya dengan sikap dan kebijakannya sehingga mereka bekerja secara maksimal. Adapun metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi: heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Temuan dari penelitian ini bahwa K.H. Muh. As’ad Umar merupakan pemimpin transformasional yang berhasil bekerjasama dengan para pengikutnya untuk mengembangkan Pondok Pesantren Darul Ulum menjadi pesantren yang lebih maju. Dengan sifat baik dan kerja keras dalam merealisasikan ide-idenya, dia dapat memotivasi pengikutnya untuk bekerja secara optimal. Oleh sebab itu dia berhasil mengembangkan dalam bidang pendidikan dengan ilmu keagamaan, ilmu umum serta teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pendirian sekolah kejuruan dan universitas di Pondok Pesantren Darul Ulum. Sekolah ini telah memberi bekal ketrampilan dan wawasan yang luas kepada santri sehingga mereka dapat bersaing di dunia luar. Pendirian sekolah dan universitas ini diiringi dengan pengembangan sarana prasarana untuk menunjang pendidikan santri. Sarana yang dibangun ini seperti asrama tempat tinggal, gedung sekolah, gedung perkuliahan dan rumah sakit. date: 2019-01-29 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: fakultas adab dan ilmu budaya thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zunaida Farisa, NIM. 14120032 (2019) KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35448/1/14120032_BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35448/2/14120032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf