eprintid: 35495 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/54/95 datestamp: 2019-07-05 02:41:51 lastmod: 2019-07-05 02:41:51 status_changed: 2019-07-05 02:41:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EDWIN ISWIYANTO, NIM. 13690023 title: PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANDUL SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB-A YAAT KLATEN ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci :Alat Peraga, Bandul Sederhana, Peserta Didik Tunanetra note: Winarti, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran, (2) Mengetahui kualitas alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran, (3) Mengetahui respon peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten terhadap alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya pada pembelajaran IPA materi getaran, (4) Mengetahui keterlaksanaan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya pada pembelajaran IPA materi getaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D meggunakan prosedur pengembangan model 4-D yang melibatkan 4 langkah utama yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop yakni bagian uji luas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, lembar penilaian, lembar respon peserta didik tunanetra, dan lembar uji keterlaksanaan. Penilaian produk menggunakan skala likert dalam bentuk checklist dengan 4 skala, respon peserta didik menggunakan skala guttman dalam bentuk checklist, dan uji keterlasksanaan oleh observer menggunakan angket terbuka. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dihasilkan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran (2) Kualitas alat peraga bandul sederhana menunjukkan kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,44 oleh ahli materi, 3,88 oleh ahli media, dan 3,83 oleh pendidik IPA. Penilaian buku panduan alat peraga bandul sederhana untuk peserta didik tunanetra menunjukkan kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,61 oleh ahli media dan 3,74 oleh pendidik IPA. Sedangkan menurut ahli materi menunjukkan kategori Baik (B) dengan skor rata-rata 3,25 (3) Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan pada uji terbatas menunjukkan kategori Setuju (S) dengan skor rata-rata 1 (4) Keterlaksanaan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya menujukkan bahwa peserta didik dapat menggunakan produk yang dikembangkan secara mandiri, aman, dan benar. date: 2018-12-05 date_type: published pages: 165 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS dan TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EDWIN ISWIYANTO, NIM. 13690023 (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANDUL SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB-A YAAT KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35495/2/1369023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35495/1/1369023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf