eprintid: 35496 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/54/96 datestamp: 2019-07-05 02:51:23 lastmod: 2019-07-05 02:51:23 status_changed: 2019-07-05 02:51:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rilani Esti Mulyana, NIM. 14690036 title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Instrumen Tes, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Fluida Statis note: Daimul Hasanah M.Pd abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan sebagai berikut: (1) menghasilkan instrumen tes untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) mengetahui kualitas soal-soal untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang telah dihasilkan, dan (3) mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dihasilkan dengan soal yang dikembangkan. Prosedur pengembangan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono meliputi mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi dan studi literatur, mendesain produk, menvalidasi desain, merevisi desain, uji coba produk, merevisi produk awal yang telah diujicobakan, dan uji coba produk yang telah direvisi. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Kasihan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yang dikerjakan siswa. Instrumen tes untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa telah melalui beberapa kali tahap revisi berdasarkan saran dan masukan validator, penilai dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil yang diperoleh yang sudah melalui beberapa tahap dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan memiliki validitas teoritik baik, reliabel, daya beda rata rata sangat baik, tingkat kesukaran rata-rata sedang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI di SMA N 1 Kasihan 8,82% dalam kategori sangat baik, 48,03% dalam kategori baik, 31,37% dalam kategori cukup, dan 11,76% dalam kategori kurang. date: 2019-02-15 date_type: published pages: 276 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS dan TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rilani Esti Mulyana, NIM. 14690036 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35496/1/14690036_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35496/2/14690036_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf