TY - THES N1 - Kifayah Amar, S.T., M.Sc.,Ph.D. ID - digilib35497 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35497/ A1 - Syukur Fannani, NIM. 13660006 Y1 - 2019/01/09/ N2 - Salah satu industri atau organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Oleh karena itu, perkembangan industri rumah sakit semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh RS ?Aisyiyah Bojonegoro menggunakan metode SERVQUAL dan Quality Function Deployment. Objek penelitian ini adalah pasien rawat inap atau keluarga pasien berusia 18 sampai <55 tahun di RS ?Aisyiyah Bojonegoro kelas dua dan tiga yaitu kamar Bir?ali dan Muzdalifah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 150 kuesioner. Item pernyataan yang digunakan mengacu pada dimensi kualitas jasa menurut Parasuraman et.al (1988) yaitu bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa pasien merasa kurang puas terhadap kualitas pelayanan RS ?Aisyiyah Bojonegoro dengan ditunjukkannya nilai skor servqual negatif. Tidak ada satupun atribut yang bernilai posistif sehingga perlu adanya perbaikan secara keseluruhan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kata kunci: industri jasa KW - servqual KW - quality function deployment M1 - skripsi TI - INTEGRASI MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RS ?AISYIYAH BOJONEGORO AV - restricted EP - 154 ER -