@phdthesis{digilib35520, month = {May}, title = {EKSPERIMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF PINDAH GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MUFRAD?T SISWA KELAS X MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018-2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 15420061 Zulfa Imroatul Khosiyah}, year = {2019}, note = {Nurhadi, M.A.,}, keywords = {Metode, Permainan Edukatif, Pindah Gambar, Pembelajaran Mufrad?t}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35520/}, abstract = {Zulfa Imroatul Khosiyah, 15420061. Eksperimentasi Metode Permainan Edukatif Pindah Gambar pada Pembelajaran Mufrad?t Siswa Kelas X MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pembelajaran mufrad?t menggunakan metode permainan edukatif pindah gambar. (2) Mengetahui perbedaan pada hasil belajar mufrad?t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Objek penelitian yaitu kelas X IPA 2 (kelas eksperimen) dan X IPA 1 (kelas kontrol). Dalam rangka pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney (Uji U) dan uji Wilcoxon menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode permainan edukatif pindah gambar di kelas eksperimen diawali dengan memberikan materi mufrad?t, setelah itu baru dilakukan permainan yaitu siswa dibagi menjadi delapan kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari empat orang. Teknis permainannya yaitu setiap kelompok mendapatkan selembar kertas plano yang sudah ditempelkan beberapa gambar dan kosa-kata. Tugas siswa adalah menjodohkan antara gambar dengan kosa-kata atau sebaliknya sesuai dengan apa yang ada di kertas plano yang sudah disiapkan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan xxvii tugasnya mendapat reward dan sebaliknya kelompok yang terlambat? mendapat hukuman (punishment). (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mufrad?t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dari penghitungan uji n gain yang memperoleh signifikansi 0.995 {\ensuremath{>}} 0.05 artinya Ha Ditolak} }