%A 13820022 YUNIKA TRI ASTUTI %O Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si. %T PENGARUH SOSIALISASI, KEBERAGAMAAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PESISIR TENTANG BANK SYARIAH %X Penelitian ini dilaksanakan di Desa Badur, sebuah desa pesisir di pulau Madura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor sosialisasi Bank Syariah, keberagamaan, dan pengetahuan tentang Bank Syariah pada persepsi masyarakat terhadap Bank Syariah, baik secara bersama-sama maupun parsial. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif, dalam analisis kualitatif digunakan teknik statistik diskriptif dengan melakukan analisis tendensi sentral, yakni perhitungan mean. Sementara itu, analisis kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda bersama-sama dengan F-tes dan T-tes untuk uji hipotesis. Hasil penelitian, berdasarkan analisis kualitatif, menunjukkan bahwa profil masyarakat menyangkut sosialisasi Bank Syariah, keberagamaan, pengetahuan tentang Bank Syariah dan persepsi terhadap Bank Syariah semuanya adalah rata-rata sedang. Selanjutnya, berdasarkan analisis kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor sosialisasi Bank Syariah, keberagamaan, dan pengetahuan tentang Bank Syariah berpengaruh signifikan pada persepsi masyarakat terhadap Bank Syariah, baik secara bersama-sama maupun parsial. Hasil penelitian dengan demikian mendukung kedua hipotesis penelitian. Hasil lain dari penelitian ini juga menemukan bahwa faktor pengetahuan tentang Bank Syariah merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya pada persepsi masyarakat terhadap Bank Syariah dibanding faktor yang lain. Kata kunci : Sosialisasi Bank Syariah, keberagamaan, pengetahun tentang Bank Syariah, persepsi terhadap Bank Syariah %K Sosialisasi Bank Syariah, keberagamaan, pengetahun tentang Bank Syariah, persepsi terhadap Bank Syariah %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib35528