eprintid: 35575 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/55/75 datestamp: 2020-02-20 02:58:58 lastmod: 2020-02-20 02:59:08 status_changed: 2020-02-20 02:58:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizalu Afifurrohman, NIM: 15820041 title: PENGARUH RELIGIUSITAS, PROMOSI, PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BMT (Studi Pada Petani Di Desa Srikaton, Kec. Jaken, Kab. Pati, Jawa Tengah) ispublished: pub subjects: ps divisions: jur_ps full_text_status: restricted keywords: Religiusitas, Promosi, Persepsi, Kepercayaan, Minat Menabung note: Jauhar Faradis, S.H.I., M.A. abstract: Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh religiusitas, promosi, persepsi dan kepercayaan terhadap minat menabung di BMT pada petani di desa Srikaton, Jaken, Pati, Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah petani di desa Srikaton, Jaken, Pati, Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian petani dengan menggunakan teknik convinience sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan metode slovin. Terdapat 100 kuesioner yang diolah dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Selain kuisioner, penelitian ini juga didukung dengan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan program SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis uji parsial (uji t) Religiusitas terhadap minat petani dalam menabung, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,915 > 0,05 dan thitung (0,107) > ttabel (1,985). Artinya bahwa religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat petani dalam menabung. Promosi terhadap minat petani dalam menabung, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,760 > 0,05 dan thitung (0,306) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat petani dalam menabung. Persepsi terhadap minat petani dalam menabung, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,005 ≤ 0,05 dan thitung (2,885) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa persepsi berpengaruh positif signifikan terhadap minat petani dalam menabung. Kepercayaan terhadap minat petani dalam menabung, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,005 ≤ 0,05 dan thitung (2,902) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat petani dalam menabung. Berdasarkan hasil analisis uji Simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai signifikan uji F sebesar 0,000 (lebih kecil dari) < 0,05. Maka secara simultan (bersama-sama) religiusitas, promosi, persepsi dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat petani menabung. Kata Kunci: Religiusitas, Promosi, Persepsi, Kepercayaan, Minat Menabung date: 2019-05-09 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizalu Afifurrohman, NIM: 15820041 (2019) PENGARUH RELIGIUSITAS, PROMOSI, PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BMT (Studi Pada Petani Di Desa Srikaton, Kec. Jaken, Kab. Pati, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35575/1/15820041_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR%20_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35575/2/15820041_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB%20_TERAKHIR.pdf