%A NIM 15410118 Farah Dina Insani %O Dr. Eva Latipah, M.Si., %T HUBUNGAN PENGGUNAAN DIGITAL E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA %X FARAH DINA INSANI. Hubungan penggunaan digital e-learning terhadap motivasi belajar dan penguasaan materi PAI siwa kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Salah satu yang mempengaruhi prestasi belajar dan penguasaan materi PAI adalah motivasi belajar. Motivasi belajar adalah suatu kondisi psikis yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas belajar. Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar salah satunya sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana ini salah satunya adalah pemanfaatan teknologi komunikasi yaitu penggunaan digital e-learning. Karena fenomena ini peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh penggunaan digital e-learning terhadap motivasi belajar dan penguasaan materi PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 289 siswa pengambilan sempel sebanyak 151 siswa dengan menggunakan metode penetapan sampelnya menggunakan kuota sampel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara observasi dan dokumentasi. Analisi data menggunakan teknik statistik dengan bantuan SPSS for window versi 23 yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji korelasi menggunakan sperman rho. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan data maka kesimpulan pada penelitian ini sebagai berikut : (1) Adanya hubungan positif motivasi belajar dan penguasaan materi PAI di SMA Negeri 1 Yogyakarta dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,395 > 0,1593 pada taraf signifikansi 5% dan sehingga rhitung > rtabel yaitu 0,395 > 0,209 pada taraf signifikansi 1%. Dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,01) maka Ha diterima artinya bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap penguasaan materi PAI pada siswa XI SMA Negeri 1 Yogyakarta. (2) Adanya hubungan positif e-learning dan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Yogyakarta dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,330 > 0,1593 pada taraf signifikansi 5% dan sehingga rhitung > rtabel yaitu 0,330 > 0,209 pada taraf signifikansi 1%. Dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,01) maka Ha diterima artinya xii bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakart. (3) Adanya hubungan positif e-learning dan penguasaan materi PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakarta dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,439 > 0,1593 pada taraf signifikansi 5% dan sehingga rhitung > rtabel yaitu 0,439 > 0,209 pada taraf signifikansi 1%. Dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,01) maka Ha diterima artinya bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara e-learning terhadap penguasaan materi PAI pada siswa XI SMA Negeri 1 Yogyakarta. %K e-learning, motivasi belajar, penguasaan materi PAI %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib35629