%S Bunga Rampai %A Alimatul Qibtiyah %A MUHAMMAD WILDAN %A Abdur ROZAKI %A Ahmad Muttaqin %A Ahmad SALEHUDIN %A Fatimah Husein %A Rachmad Hidayat %A Sekar Ayu Aryani %A - SUKIMAN %T ISLAM MODERAT VS ISLAM MILENIAL Sistem Produksi Guru PAI di UIN Mataram dan IAI Nurul Hakim Nusa Tenggara Barat %X Merebaknya paham intoleransi dan radikalisme di lembaga-lembaga pendidikan tersebut membawa kita untuk berpikir tentang peran guru agama di sekolah-sekolah. Guru agama seharusnya mempunyai peran penting dalam menyebarkan ajaran agama yang moderat dan --atau paling tidak-- mampu menangkal arus Islamisme. Potret buram intoleransi di kalangan siswa dan guru agama Islam di sekolah secara khusus menandakan bahwa ada masalah serius dalam proses produksi dan pembinaan guru-guru PAI. Kondisi tersebut memunculkan sejumlah pertanyaan, seperti: dari mana sumber pandangan intoleransi para siswa dan guru agama tersebut berasal, atau sejauh mana imunitas guru PAI dalam menghadapi arus Islamisme. Tidak ada gading yang tak retak. Selama ini Prodi PAI telah berkontribusi sangat besar dalam mencetak guru-guru PAI untuk sekolah-sekolah umum. Dari sekitar 600-an Prodi PAI yang tersebar di berbagai PTKI, kita bisa bayangkan jumlah guru PAI yang diproduksi oleh Prodi PAI dan berkontribusi dalam mendidik dan mengajarkan agama Islam pada generasi muda. Namun demikian, semakin hari tantangan guru PAI semakin berat. Di era milenial, ketika informasi dan pengetahuan agama tersedia serba online, guru PAI tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar Islam. Guru PAI dituntut untuk mampu bersaing dengan sumber-sumber pengetahuan lain, yang kadang lebih siap saji. Selain pengetahuan agama dan kemampuan pedagogis yang memadai, guru PAI harus juga mengajarkan cara berpikir kritis pada siswa sehingga siswa bisa memilah dan memilih pengetahuan agama yang tepat di usia mereka %N - %K Tanaman, produksi, Islam, sistem produksi %P 229-249 %B MENANAM BENIH DI LADANG TANDUS Potret Sistem Produksi Guru Agama Islam di Indonesia %V - %C Yogyakarta %D 2019 %I Center for the Study of Islam and Social Transformation %L digilib35755